Kondisi Umum Desa
01 Februari 2017 02:19:07 WIB
Kondisi Umum Desa
- Demografi
Berdasarkan data Administrasi Pemerintahan Desa tahun 2016, jumlah penduduk Desa Gador adalah terdiri dari 713 KK, dengan jumlah total 2.791 jiwa, dengan rincian 1342 laki-laki dan 1449 perempuan
- Daftar Masalah dan Potensi Dari Diagram Venn
- Diagram Kelembagaan
Tabel 1.a
b. Daftar Masalah Dan Potensi Dari BaganKelembagaan Tabel 4.1. Daftar Masalah dan Potensi Diagran Veen
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun,,,,,,,
- Kalender Musim
Daftar Masalah dan potensi hasil pengkajian keadaan desa berdasarkan masalah dan potensi dari Kalender Musim tergambar sebagai berikut :
- Banyaknya gambar menggambarkan tentang besarnya potensi maupun masalah yang ada pada bulan tersebut
- Sedikitnya gambar menggambarkan tentang kecilnya potensi maupun masalah yang ada pada bulan tersebut
- Gambar Kalender Musim
Tabel 4.2 Kalender Musim
MASALAH/ KEGIATAN/ KEADAAN |
PANCAROBA |
KEMARAU |
HUJAN |
|||||||||
MAR |
APR |
MEI |
JUN |
JULI |
AUG |
SEP |
OKT |
NOV |
DES |
JAN |
PEB |
|
kekurangan air bersih |
* |
** |
*** |
|
|
|
|
|||||
kekurangan pangan |
|
|
|
|
||||||||
Kesehatan( banyak penyakit) |
|
|
|
|
||||||||
Banjir |
|
|
|
|
||||||||
Panen |
|
|
|
|
||||||||
Tanam |
|
|
|
|
||||||||
Dst |
|
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2016,
- Daftar Masalah Dan Potensi Dari Kalender Musim
Tabel 4.3. Masalah Kalender Musim
NO |
Potensi |
Masalah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun,,,,,,,
- Sumber Daya Alam
Secara geografis Desa terletak pada posisi 7°21'-7°31' Lintang Selatan dan 110°10'-111°40' Bujur Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa daratan sedang yaitu sekitar 156 m di atas permukaan air laut. Berdasarkan data BPS kabupaten Trenggalek tahun 2014, selama tahun 2014 curah hujan di Desa Gador. rata-rata mencapai 2.400 mm. Curah hujan terbanyak terjadi pada bulan Desember hingga mencapai 405,04 mm yang merupakan curah hujan tertinggi selama kurun waktu 2012 -2014
Secara administratif, Desa Gador terletak di wilayah Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah Utara berbatasan dengan desa Sumberejo , Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Ngulan Wetan dan Desa Gembleb Kecamatan Pogalan Di Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pakis Kecamatan Durenan., sedangkan di Sebelah timur berbatasan dengan Desa Kamulan Kecamatan Durenan
Jarak tempuh Desa Gador ke ibu kota kecamatan adalah 5 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 0.25 Jam Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 30 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 0,45 jam.
Pembagian lahan di Desa Gador sebagian besar adalah lahan Pertanian/tegalan, tanaman ketela, kacang tanah, kayu jati.
adapun lahan lainnya tercatat sebagaimana pada tabel berikut :
Tabel: 4.4 Daftar Sumber Daya Alam |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA ALAM |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANGAN |
|
Lahan persawahan |
|
|
|
|
Lahan Perkebunan |
|
|
|
|
Tambak |
|
|
|
|
Lahan tegalan |
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun,,,,,,,
- Sumber Daya Manusia
Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat SDM (Sumber Daya Manusia) yang dapat berpengaruh dalam jangka panjang pada peningkatan perekonomian. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru, sehingga akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Prosentase tingkat pendidikan Desa Gador rata – rata berpendidikan SD atau sedarajat sampai SMP atau sederajat
Dalam hal kesediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadahi dan mumpuni, keadaan ini merupakan tantangan tersendiri. Rendahnya kualitas tingkat pendidikan di Desa Gador tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada, di samping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Gador. baru tersedia di tingkat pendidikan dasar 6 tahun (SD), sementara untuk pendidikan lanjutan sampai tingkat menengah ke atas berada di tempat lain yang relatif jauh.
Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Gador. yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia dengan baik di Desa Gador.
Masalah pelayanan kesehatan adalah hak setiap warga masyarakat dan merupakan hal yang penting bagi peningkatan kualitas masyarakat kedepan. Salah satu cara untuk mengukur tingkat kesehatan masyarakat dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang terserang penyakit. Dari data yang ada menunjukkan adanya jumlah masyarakat yang terserang penyakit relatif tinggi. Adapun penyakit yang sering diderita antara lain infeksi pernapasan akut bagian atas, malaria, penyakit sistem otot, jaringan pengikat, demam berdarah. Data tersebut menunjukkan bahwa gangguan kesehatan yang sering dialami penduduk adalah penyakit yang bersifat cukup berat dan memiliki durasi lama bagi kesembuhannya, yang diantaranya disebabkan perubahan cuaca serta kondisi lingkungan yang kurang sehat. Ini tentu mengurangi daya produktifitas masyarakat Desa Gador secara umum. Adapun data sumber daya manusia di Desa Gador sebagaimana tabel dibawah ini:
Tabel: 4.5 Daftar Sumber Daya Manusia |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA MANUSIA |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANG AN |
1 |
Penduduk dan Keluarga |
|
|
|
|
a. Jumlah Penduduk laki – laki |
2424 |
Orang |
|
|
b. Jumlah Penduduk perempuan |
2961 |
|
|
|
c. Jumlah Keluarga ( KK ) |
1930 |
|
|
|
d. Jumlah rumah tangga |
1930 |
|
|
2 |
Jenis kelamin Kepala Rumah Tangga |
|
|
|
|
a. Laki – laki |
1625 |
|
|
|
b. Perempuan |
305 |
|
|
3 |
Pendidikan Kepala Keluarga |
|
|
|
|
0. Tidak punya ijazah |
314 |
|
|
|
1. SD/Sederajat |
952 |
|
|
|
2. SMP/Sederajat |
301 |
|
|
|
3. SMA Sederajat |
50 |
|
|
|
4. Perguruan tinggi |
8 |
|
|
4 |
Pendidikan Penduduk |
|
|
|
|
0. Tidak punya ijazah |
718 |
|
|
|
1. SD/Sederajat |
3252 |
|
|
|
2. SMP/Sederajat |
850 |
|
|
|
3.SMA/Sederajat |
525 |
|
|
|
4. Perguruan tinggi |
40 |
|
|
5 |
Umur Penduduk |
|
|
|
|
1. kurang 1 tahun |
70 |
|
|
|
2. 1 – 4 Tahun |
281 |
|
|
|
3. 5 – 14 Tahun |
789 |
|
|
|
4. 15 – 39 Tahun |
1890 |
|
|
|
5. 40 – 64 Tahun |
1970 |
|
|
|
6. 65 keatas |
385 |
|
|
5 |
Lapangan usaha Kepala Keluarga |
|
|
|
|
1. Pertanian (Padi & palawija) |
735 |
|
|
|
2. Hortikultura |
|
|
|
|
3. Perkebunan |
|
|
|
|
4. Perikanan tangkap |
|
|
|
|
5. Perikanan budidaya |
|
|
|
|
6. Peternakan |
|
|
|
|
7. Kehutanan & pertanian lain |
|
|
|
|
8. Pertambangan / penggalian |
|
|
|
|
9. Industri pengolahan |
|
|
|
|
10. Listrik & Gas |
|
|
|
|
11. Bangunan / konstruksi |
140 |
|
|
|
12. Perdagangan |
425 |
|
|
|
13. Hotel & Rumah makan |
18 |
|
|
|
14. Transportasi & Pergudangan |
22 |
|
|
|
15. Informasi & komunikasi |
|
|
|
|
16. Keuangan & Asuransi |
4 |
|
|
|
17. Jasa Pendidikan / jasa kesehatan / jasa kemasyarakatan, Pemerintahan dan |
29 |
|
|
|
18. lainnya |
557 |
|
|
6 |
Lapangan Usaha Penduduk |
|
|
|
|
1. Pertanian (Padi & palawija) |
1470 |
|
|
|
2. Hortikultura |
|
|
|
|
3. Perkebunan |
|
|
|
|
4. Perikanan tangkap |
|
|
|
|
5. Perikanan budidaya |
|
|
|
|
6. Peternakan |
|
|
|
|
7. Kehutanan & pertanian lain |
|
|
|
|
8. Pertambangan / penggalian |
|
|
|
|
9. Industri pengolahan |
59 |
|
|
|
10. Listrik & Gas |
|
|
|
|
11. Bangunan / konstruksi |
435 |
|
|
|
12. Perdagangan |
725 |
|
|
|
13. Hotel & Rumah makan |
50 |
|
|
|
14. Transportasi & Pergudangan |
50 |
|
|
|
15. Informasi & komunikasi |
6 |
|
|
|
16. Keuangan & Asuransi |
4 |
|
|
|
17. Jasa Pendidikan / jasa kesehatan / jasa kemasyarakatan, Pemerintahan dan |
50 |
|
|
|
18. Lainnya |
957 |
|
|
7 |
Dst. |
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2016
|
- Sumber Daya Pembangunan
Sebagai sumber pendapatan asli desa (PADes) sangat sedikit sehingga tidak bisa berperan mencukupi dalam pelaksanaan Pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan Pemberdayaan masyarakat. Dan Hanya mengandalkan dana dari Pemerintah, yaitu DD, ADD, atau dana dana lain dari Kabupaten dan Propinsi.
Kantor Desa Gador maupun Balai Desa Gador saat ini sudah representatif untuk melayani warga masyarakat, meskipun masih perlu banyak sekali perbaikan diantaranya perbaikan Balai Desa yang bocor bila hujan dan juga mebelair untuk rak arsip maupun meja kursi tamu.
Yang masih perlu penangan lebih lanjut bahwa Lembaga kemasyarakatan di desa masih belum mempunyai kantor tersendiri, yaitu PKK, Karang Taruna , LPMD, BPD, Posyandu, maupun BUMDes, hal tersebut tidak mengurangi Lembaga tersebut beraktifitas di desa
.
.
Tabel: 4.6 Daftar Sumber Daya Pembangunan |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA MANUSIA |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANGAN |
1 |
Aset Desa |
|
|
|
1.1 |
Tanah Kas Desa |
100 |
Orang |
|
1.2 |
Kantor Pemerintah Desa |
|
|
|
1.3 |
Gapura Desa |
|
|
|
1.4 |
Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) |
|
|
|
1.5 |
Pasar Desa |
|
|
|
1.6 |
Tempat Pelelangan Ikan |
|
|
|
1.7 |
Tambatan Perahu |
|
|
|
1.8 |
Tempat Pemandian Umum |
|
|
|
1.9 |
Makam Desa |
|
|
|
1.10 |
Lapangan Olah raga |
|
|
|
1.11 |
Dst. |
|
|
|
2 |
Kelompok Usaha Ekonomi Desa |
|
|
|
2.1 |
BUMDes |
3 |
|
|
2.2 |
Kelompok Tani |
15 |
|
|
2.3 |
Kelompok nelayanan |
|
|
|
2.4 |
dst.. |
|
|
|
3 |
Lembaga Kemasyarakatan Desa |
|
|
|
3.1 |
RT |
63 |
|
|
3.2 |
RW |
5 |
|
|
3.3 |
Karang Taruna |
15 |
|
|
3.4 |
PKK |
24 |
|
|
3.5 |
LPMD |
15 |
|
|
3.6 |
Dst |
|
|
|
4 |
Keuangan Desa |
|
|
|
4.1 |
Pendapatan Asli Desa |
|
|
|
4.2 |
Hasil Tanah Kas Desa |
|
|
|
4.3 |
Hasil Usaha Desa |
|
|
|
4.4 |
Hasil BUMDes |
|
|
|
4.5 |
dst. |
|
|
|
4.6 |
Hasil Aset Desa |
|
|
|
4.7 |
Tambatan Perahu |
|
|
|
4.8 |
Pasar Desa |
|
|
|
4.9 |
dst. |
|
|
|
5 |
Hasil Swadaya dan Gotong royong masyarakat |
|
|
|
5.1 |
Hasil swadaya masy |
|
|
|
5.2 |
dst.. |
|
|
|
6 |
Lain - lain Pendapatan Asli Desa yang sah |
|
|
|
6.1 |
Pungutan Desa |
|
|
|
6.2 |
dst.. |
|
|
|
7 |
Aset prasarana umum |
|
|
|
7.1 |
Jalan |
|
|
|
7.2 |
Jembatan |
|
|
|
7 |
Dst |
|
|
|
8 |
Aset Prasarana pendidikan |
|
|
|
8 |
Gedung Paud |
|
|
|
8 |
Gedung TK |
3 |
|
|
8 |
Gedung SD |
3 |
|
|
8 |
Taman Pendidikan Alqur'an |
5 |
|
|
9 |
Dst |
|
|
|
9 |
Aset prasarana kesehatan |
|
|
|
9 |
Posyandu |
4 |
|
|
9 |
Polindes |
1 |
|
|
9 |
MCK |
|
|
|
9 |
Sarana Air Bersih |
|
|
|
10 |
Dst |
|
|
|
10 |
Aset prasarana ekonomi |
|
|
|
10 |
Pasar desa |
|
|
|
10 |
Tempat Pelelangan Ikan |
|
|
|
10 |
Dst |
|
|
|
11 |
Kelompok Usaha Ekonomi Produktif |
|
|
|
11 |
Jumlah kelompok usaha |
|
|
|
11 |
Jumlah kelompok usaha yang sehat |
|
|
|
12 |
Aset berupa modal |
|
|
|
12 |
Total aset produktif |
|
|
|
12 |
Total pinjaman di masyarakat |
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun 2016
- Sumber Daya Sosial Budaya
Dengan adanya perubahan dinamika politik dan sistem politik di Indonesia yang lebih demokratis, memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk menerapkan suatu mekanisme politik yang dipandang lebih demokratis. Dalam konteks politik lokal Desa Gador, hal ini tergambar dalam pemilihan kepala desa dan pemilihan-pemilihan lain (pilleg, pilpres, pemillukada, dan pimilugub) yang juga melibatkan warga masyarakat desa secara umum.
Khusus untuk pemilihan kepala Desa Gador., sudah tidak lagi mengenal dan mempercayai tradisi kepala desa di Jawa, biasanya para peserta (kandidat) nya adalah mereka yang secara trah memiliki hubungan dengan elit kepala desa yang lama.
Jabatan kepala desa merupakan jabatan yang tidak serta merta dapat diwariskan kepada anak cucu. Mereka dipilh karena kecerdasan, etos kerja, kejujuran dan kedekatannya dengan warga desa. Kepala desa bisa diganti sebelum masa jabatannya habis, jika ia melanggar peraturan maupun norma-norma yang berlaku. Begitu pula ia bisa diganti jika ia berhalangan tetap.
Karena demikian, maka setiap orang yang memiliki dan memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan dalam perundangan dan peraturan yang berlaku, bisa mengajukan diri untuk mendaftar menjadi kandidat kepala desa. Fenomena ini juga terjadi pada pemilihan Desa Gador pada tahun 2014. Pada pilihan kepala desa ini partisipasi masyarakat sangat tinggi, yakni hampir 95%. Tercatat ada dua kandidat kepala desa pada waktu itu yang mengikuti pemilihan kepala desa. Pilihan kepala Desa bagi warga masyarakat Desa Gador seperti acara perayaan desa.
Setelah proses-proses politik selesai, situasi desa kembali berjalan normal. Hiruk pikuk warga dalam pesta demokrasi desa berakhir dengan kembalinya kehidupan sebagaimana awal mulanya. Masyarakat tidak terus menerus terjebak dalam sekat-sekat kelompok pilihannya. Hal ini ditandai dengan kehidupan yang penuh tolong menolong maupun gotong royong.
Walaupun pola kepemimpinan ada di Kepala Desa namun mekanisme pengambilan keputusan selalu ada pelibatan masyarakat baik lewat lembaga resmi desa seperti Badan Permusyaratan Desa maupun lewat masyarakat langsung. Dengan demikian terlihat bahwa pola kepemimpinan di Wilayah Desa Gador. mengedepankan pola kepemimpinan yang demokratis.
Berdasarkan deskripsi beberapa fakta di atas, dapat dipahami bahwa Desa Gador mempunyai dinamika politik lokal yang bagus. Hal ini terlihat baik dari segi pola kepemimpinan, mekanisme pemilihan kepemimpinan, sampai dengan partisipasi masyarakat dalam menerapkan sistem politik demokratis ke dalam kehidupan politik lokal. Tetapi terhadap minat politik daerah dan nasional terlihat masih kurang antusias. Hal ini dapat dimengerti dikarenakan dinamika politik nasional dalam kehidupan keseharian masyarakat Desa Gador kurang mempunyai greget, terutama yang berkaitan dengan permasalahan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat secara langsung.
Berkaitan dengan letaknya yang berada diperbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah suasana budaya masyarakat Jawa sangat terasa di Desa Gador. Dalam hal kegiatan agama Islam misalnya, suasananya sangat dipengaruhi oleh aspek budaya dan sosial Jawa. Hal ini tergambar dari dipakainya kalender Jawa/ Islam, masih adanya budaya slametan, tahlilan, mithoni, dan lainnya, yang semuanya merefleksikan sisi-sisi akulturasi budaya Islam dan Jawa.
Dengan semakin terbukanya masyarakat terhadap arus informasi, hal-hal lama ini mulai mendapat respon dan tafsir balik dari masyarakat. Hal ini menandai babak baru dinamika sosial dan budaya, sekaligus tantangan baru bersama masyarakat Desa Gador Dalam rangka merespon tradisi lama ini telah mewabah dan menjamur kelembagaan sosial, politik, agama, dan budaya di Desa Gador Tentunya hal ini membutuhkan kearifan tersendiri, sebab walaupun secara budaya berlembaga dan berorganisasi adalah baik tetapi secara sosiologis ia akan beresiko menghadirkan kerawanan dan konflik sosial
Tabel: 4.7 Daftar Sumber Daya Sosial Budaya |
||||
NO |
URAIAN SUMBER DAYA SOSIAL BUDAYA |
VOLUME |
SATUAN |
KETERANGAN |
1 |
Festival Budaya Tari |
2 |
kali |
|
2 |
Sedekah Bumi |
1 |
kali |
|
3 |
Upacara adat |
1 |
kali |
|
4 |
dst. |
|
|
|
Sumber Data: Profil Desa Tahun,,,,,,,
- Keadaan Ekonomi
Tingkat pendapatan rata-rata penduduk Desa Gador. Rp. 500.000,-Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Gador dapat teridentifikasi ke dalam beberapa sektor yaitu pertanian, jasa/perdagangan, industri dan lain-lain ( Lihar Tabel 4 tentang Sumberdaya manusia) . Berdasarkan data yang ada, masyarakat yang bekerja di sektor pertanian berjumlah 1.578 orang, yang bekerja disektor jasa berjumlah 212 orang, yang bekerja di sektor industri 10 orang, dan bekerja di sektor lain-lain 1.100 orang. Dengan demikian jumlah penduduk yang mempunyai mata pencaharian berjumlah 1691 orang.
Layanan Mandiri
Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.
Masukkan NIK dan PIN!
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | |
Kemarin | |
Jumlah pengunjung |
- INFO GRAFIS REALISASI APBDesa 2022
- INFO GRAFIS APBDesa TAHUN 2023
- PEMERINTAH DESA GADOR MENYALURKAN BLT DD TAHAB 9
- ADMIN WEBSITE SID MENGIKUTI BIMTEK PEMBINAAN DI PENDOPO MANGGALA PRAJA
- INFO GRAFIS REALISASI APBDES DESA GADOR TAHUN 2021
- INFO GRAFIS APBDES PERUBAHAN DESA GADOR TAHUN 2022
- INFO GRAFIS APBDES DESA GADOR 2022